Perkuliahan Matematika Model yang dilaksanakan pada pukul 09.30 diruang 201 b gedung lama dengan jumlah mahasiswa 15 orang kelas pendidikan matematika kelas D pascasarjana. pada perkuliahan ini membahas tentang struktur hermenitika. Pada dasarnya struktur itu mencari unsur ontologism, kalau dalam matematika unsur ontologinya yaitu yang tak terdefinisi sampai yang terdefinisi. Statistik unsure ontologinya itu unit peristiwanya. Sedangkan didalam filsafat unsur ontologinya adalah objek filsafat.  Objek filsafat terdiri dari yang ada dan yang mungkin ada. Dalam objek filsafat yang ada meliputi semuanya yang bisa dipikirkan manusia. Sedangkan yang mungkin ada berada diluar pikiran manusia. Unsur dasar itu unsur yang sangat dalam dan tidak bisa digali lagi. contoh yang termasuk unsut dasar ialah atom dalam unsure fisika.
Dalam Filsafat ilmu, kenakan dulu filsafatnya baru ilmunya begitu pula degan filsafat matematika, kenakan dulu filsafatny baru matematikanya. Grand yang dalam dan tinggi yaitu pikiran kita, dan paling tinggi lagi itu spiritual kita,.
Kalau dalam hermenitika itu ada yang tetap dan ada yang berubah. Yang tetap itu dipikiran manusia, yang berubah itu diluar pikiran manusia. Yang dipikir atau dinalar sedangkan diluar pikiran itu yang dialami atau pengalaman. Nalar itu dari plato sehingga lahirlah paham rasionalisme. Permedides (tetap), heraclitos (berubah). Tetap itu contohnya yaitu ciptaan tuhan. Kalau yang berubah itu contohnya aku tidak akan mampu menunjuk dirimu karena ketika ku belum selesai menunjuk dirimu kamu akan berubah. Logicism menggunakan logika. Pikiran bersifat analitik, filsafat koherenism. Realism kebenarannya itu cocok dengan persepsi. Cocok itu korespondesi sehingga lahirlah filsafat korespondesiesm. Dunia anak anak ialah dunia persepsi pakai panca indera. Sedangkan dunia orang dewasa ialah penalaran. Bukti matematika diperlukan konsistensi sehingga butuh identitas dalam bahasa matematika dinamakan tautologi. Disini hukumnya bersifat kontradiksi akhirnya sintetik. Apriori itu paham sebelum ada kejadian contohnya, ketika nikah nanti aku berencan memiliki anak dua. Aposteori itu paham setelah kejadiannya contoh kucing akan bergerak ekornya kalau ada mangsanya.
Omong kosong karena tidak ada pikiran, tindakan buta karena berada dipikiran dan orang berjuang ialah supaya pikiran  tidak kosong dan tindakannya tidak membabi buta
Sehebat hebat pikiranmu harus bisa dituangkan dan dilakukan, itulah hermemitika. Sehebat hebatnya pengalamanmu ialah diceritakan.
Dalam hal ini Terbebas ruang dan waktu contohnya ialah 2 +5 = 7 itu betul, andaikata terikat ruang dan waktu 2 buku ditambah 5 pensil sama dengan 7 buku dan pensil itu salah. Oleh karena itu, inilah yang dinamakan kontradiksi. Matematika murni hanya benar jika didalam pikiran dan akan salah jika dituliskan. Contoh 2 dalam pikiran benar, sesuai dengan yang dia pikirkan. Dan ketika dituliskan 2 tidak sama dengan 2 karena 2 dikiri dan dikanan berbeda, bisa berbeda bentuknya, warnanya atau pun yang lainnya. Ada sintetik, aposteori, analitik, apriori. Maka antara rasionalisme yang dikarang Descartes, tiadalah ilmu tanpa berdasarkan rasio. Empirisme yang dikarang david huke, tiadalah ilmu tanpa didasarkan pengalaman. Masing-masing penjaga dunia. Berabad-abad mereka bertengkar dan punya pengikut, munculah tokoh pendamai yang mempunyai solusi yaitu Immanuel kant. Immanuel Kant berkata,” Hai Descartes, kamu itu siapa mendewakan rasio tapi mengabaikan pengalaman,. Begitu juga ke David Huke, hai huke, kamu itu siapa mendewa-dewakan pengalaman tapi mengabaikan rasio. Dari pertengkaran tersebut, Immanuel Kant menengahi Maka baiklah engkau berdua  keilmuannya masih lemah, ilmu yang lengkap jika digabungkan kedua-duanya yaitu apriori dan sintetik. Maka sebenar-benarnya ilmu, menurut imanuel kant ialah sintetik apriori.
Matematika murni menurut imanuel kant belum termasuk ilmu,sehingga muncullah tembok pembatas, pada tahun 1857 yang dicetuskan oleh Auguste Comte sampai akhir hayatnya. Aguste comte mengusulkan untuk membangun dunia dengan pikirannya. Dia kuliah di Politeknik Paris Prancis tapi Drop Out dan belajar filsafat sehingga menulis buku positif. Dia menantang para filosof sebelumnya. Auguste Comte berbicara pada Immanuel Kant,”hai Kant kalau kau mau bangun dunia mau pilih yang mana, agama, filsafat, atau metode saintifik/ilmiah,. Dan Kant tidak bisa menjawab. Lalu Comte, menjawab sendiri didalam bukunya yaiu saintifik. Ini menjadi sumber sampai sekarang, dimana orang masih belum banyak yang ngerti. Menurut Comte, Agama tidak logis, jadi tidak bisa dipakai untuk dasar membangun dunia. Filsafat masih bisa digunakan. Untuk membangun dunia maka gunakanlah saintifik. Pak menteri membuat kurikulum 2013 menggunakan metode saintifik maka secara tidak langsung dia mengikuti Aguste Comte, akibatnya, bisa dilihat sendiri. Agama terpinggirkan atau termarginalkan. Maka ketika anda membuka internet, bukan spiritualisme yang muncul tapi hedonisme, sebagai contoh, penculikan, pembunuhan, perempuan jadi laki-laki atau sebaliknya, perkawinan sejenis. Indonesia struktur yang paling dasar itu material, formal, normative diatasnya ada spiritual. Akan tetapi ternyata positif melampuia batas ruang dan waktu sehingga membentuk struktur kekinian. Struktur kekinian yaitu archic,tribal,tradisional,ferdal,modern, post modern, post-post modern (powernow). Pilar2 nya,, capitalism,pragmatism,hedonism,materialism dan liberalism. ketika kita dalam kehidupan sehari-hari dari bangun tidur, berangkat ke kampus, pulang, tidur lagi maka kita termasuk pilar-pilar tersebut. Mereka telah menancapkan seperti itu dan sudah membuka cabang dimana-mana. Maka sadar, tidak sadar diri kita sudah menjadi bagian dari mereka. Maka kalau kita flash back sumber kesalahannya ada di Auguste Comte. Sebenar-benarnya kapitalisme adalah dirimu sendiri, karena ketika kita menunjuk sesuatu, 4 mengarah kepada kita dan satu kepada yang lain.
Semua orang di Indonesia yang menjadi rakyat tidak bisa berbuat apa-apa melihat situasi seperti ini karena sudah di setel dari mereka, kita hanya bisa mengikuti aturan mereka. Kalau di Indonesia, para menteri kembali kejaman tradisional maka akan ditinggalkan oleh mereka yang mengandalkan teknologi. Mengundang para pemilik modal untuk datang ke Indonesia itu lumayan mahal, sehingga Indonesia harus mengikuti kemauan mereka. Indonesia itu masih ada unsur tradisional yaitu kekuatan spiritualnya masih kuat. Belanda yang feodal tidak mampu menguasai Indonesia karena ada unsur tradisonalnya. Ujung tombak kapitalism ialah ICT, pendidikan, Budaya, ekonomi,, social, politik,. Ujung tombaknya menguasai dunia ialah itu semua. Maka dalam matematika ada pendekarnya juga yaitu helbertiniem, formalism, absolutism. Jadi yang bikin kurikulum matematika ialah mereka yang basicnya matematika murni  yang punya pendukung orang gede, modal gede, jadi bakalan menang. Sedangkan kita sebagai orang kecil, dengan pendukung anak-anak tidak akan mampu menang.



Posting Komentar

 
Top