Perkuliahan Matematika Model yang dilaksanakan pada pukul 09.30 diruang 201 b gedung lama dengan jumlah mahasiswa 15 orang kelas pendidikan matematika kelas D pascasarjana. pada perkuliahan ini membahas tentang struktur hermenitika. Pada dasarnya struktur itu mencari unsur ontologism, kalau dalam matematika unsur ontologinya yaitu yang tak terdefinisi sampai yang terdefinisi. Statistik unsure ontologinya itu unit peristiwanya. Sedangkan didalam filsafat unsur ontologinya adalah objek filsafat. Objek filsafat terdiri dari yang ada dan yang mungkin ada. Dalam objek filsafat yang ada meliputi semuanya yang bisa dipikirkan manusia. Sedangkan yang mungkin ada berada diluar pikiran manusia. Unsur dasar itu unsur yang sangat dalam dan tidak bisa digali lagi. contoh yang termasuk unsut dasar ialah atom dalam unsure fisika.
Dalam
Filsafat ilmu, kenakan dulu filsafatnya baru ilmunya begitu pula degan filsafat
matematika, kenakan dulu filsafatny baru matematikanya. Grand yang dalam dan tinggi
yaitu pikiran kita, dan paling tinggi lagi itu spiritual kita,.
Kalau
dalam hermenitika itu ada yang tetap dan ada yang berubah. Yang tetap itu
dipikiran manusia, yang berubah itu diluar pikiran manusia. Yang dipikir atau
dinalar sedangkan diluar pikiran itu yang dialami atau pengalaman. Nalar itu
dari plato sehingga lahirlah paham rasionalisme. Permedides (tetap), heraclitos
(berubah). Tetap itu contohnya yaitu ciptaan tuhan. Kalau yang berubah itu
contohnya aku tidak akan mampu menunjuk dirimu karena ketika ku belum selesai
menunjuk dirimu kamu akan berubah. Logicism menggunakan logika. Pikiran
bersifat analitik, filsafat koherenism. Realism kebenarannya itu cocok dengan
persepsi. Cocok itu korespondesi sehingga lahirlah filsafat korespondesiesm. Dunia
anak anak ialah dunia persepsi pakai panca indera. Sedangkan dunia orang dewasa
ialah penalaran. Bukti matematika diperlukan konsistensi sehingga butuh
identitas dalam bahasa matematika dinamakan tautologi. Disini hukumnya bersifat
kontradiksi akhirnya sintetik. Apriori itu paham sebelum ada kejadian
contohnya, ketika nikah nanti aku berencan memiliki anak dua. Aposteori itu
paham setelah kejadiannya contoh kucing akan bergerak ekornya kalau ada
mangsanya.
Omong
kosong karena tidak ada pikiran, tindakan buta karena berada dipikiran dan
orang berjuang ialah supaya pikiran
tidak kosong dan tindakannya tidak membabi buta
Sehebat
hebat pikiranmu harus bisa dituangkan dan dilakukan, itulah hermemitika.
Sehebat hebatnya pengalamanmu ialah diceritakan.
Dalam
hal ini Terbebas ruang dan waktu contohnya ialah 2 +5 = 7 itu betul, andaikata
terikat ruang dan waktu 2 buku ditambah 5 pensil sama dengan 7 buku dan pensil
itu salah. Oleh karena itu, inilah yang dinamakan kontradiksi. Matematika murni
hanya benar jika didalam pikiran dan akan salah jika dituliskan. Contoh 2 dalam
pikiran benar, sesuai dengan yang dia pikirkan. Dan ketika dituliskan 2 tidak
sama dengan 2 karena 2 dikiri dan dikanan berbeda, bisa berbeda bentuknya,
warnanya atau pun yang lainnya. Ada sintetik, aposteori, analitik, apriori.
Maka antara rasionalisme yang dikarang Descartes, tiadalah ilmu tanpa
berdasarkan rasio. Empirisme yang dikarang david huke, tiadalah ilmu tanpa
didasarkan pengalaman. Masing-masing penjaga dunia. Berabad-abad mereka bertengkar
dan punya pengikut, munculah tokoh pendamai yang mempunyai solusi yaitu
Immanuel kant. Immanuel Kant berkata,” Hai Descartes, kamu itu siapa mendewakan
rasio tapi mengabaikan pengalaman,. Begitu juga ke David Huke, hai huke, kamu
itu siapa mendewa-dewakan pengalaman tapi mengabaikan rasio. Dari pertengkaran
tersebut, Immanuel Kant menengahi Maka baiklah engkau berdua keilmuannya masih lemah, ilmu yang lengkap
jika digabungkan kedua-duanya yaitu apriori dan sintetik. Maka sebenar-benarnya
ilmu, menurut imanuel kant ialah sintetik apriori.
Matematika
murni menurut imanuel kant belum termasuk ilmu,sehingga muncullah tembok
pembatas, pada tahun 1857 yang dicetuskan oleh Auguste Comte sampai akhir
hayatnya. Aguste comte mengusulkan untuk membangun dunia dengan pikirannya. Dia
kuliah di Politeknik Paris Prancis tapi Drop Out dan belajar filsafat sehingga
menulis buku positif. Dia menantang para filosof sebelumnya. Auguste Comte
berbicara pada Immanuel Kant,”hai Kant kalau kau mau bangun dunia mau pilih
yang mana, agama, filsafat, atau metode saintifik/ilmiah,. Dan Kant tidak bisa
menjawab. Lalu Comte, menjawab sendiri didalam bukunya yaiu saintifik. Ini
menjadi sumber sampai sekarang, dimana orang masih belum banyak yang ngerti. Menurut
Comte, Agama tidak logis, jadi tidak bisa dipakai untuk dasar membangun dunia.
Filsafat masih bisa digunakan. Untuk membangun dunia maka gunakanlah saintifik.
Pak menteri membuat kurikulum 2013 menggunakan metode saintifik maka secara
tidak langsung dia mengikuti Aguste Comte, akibatnya, bisa dilihat sendiri.
Agama terpinggirkan atau termarginalkan. Maka ketika anda membuka internet,
bukan spiritualisme yang muncul tapi hedonisme, sebagai contoh, penculikan, pembunuhan,
perempuan jadi laki-laki atau sebaliknya, perkawinan sejenis. Indonesia
struktur yang paling dasar itu material, formal, normative diatasnya ada spiritual.
Akan tetapi ternyata positif melampuia batas ruang dan waktu sehingga membentuk
struktur kekinian. Struktur kekinian yaitu archic,tribal,tradisional,ferdal,modern,
post modern, post-post modern (powernow). Pilar2 nya,, capitalism,pragmatism,hedonism,materialism
dan liberalism. ketika kita dalam kehidupan sehari-hari dari bangun tidur,
berangkat ke kampus, pulang, tidur lagi maka kita termasuk pilar-pilar
tersebut. Mereka telah menancapkan seperti itu dan sudah membuka cabang
dimana-mana. Maka sadar, tidak sadar diri kita sudah menjadi bagian dari
mereka. Maka kalau kita flash back sumber kesalahannya ada di Auguste Comte.
Sebenar-benarnya kapitalisme adalah dirimu sendiri, karena ketika kita menunjuk
sesuatu, 4 mengarah kepada kita dan satu kepada yang lain.
Semua
orang di Indonesia yang menjadi rakyat tidak bisa berbuat apa-apa melihat
situasi seperti ini karena sudah di setel dari mereka, kita hanya bisa mengikuti
aturan mereka. Kalau di Indonesia, para menteri kembali kejaman tradisional
maka akan ditinggalkan oleh mereka yang mengandalkan teknologi. Mengundang para
pemilik modal untuk datang ke Indonesia itu lumayan mahal, sehingga Indonesia
harus mengikuti kemauan mereka. Indonesia itu masih ada unsur tradisional yaitu
kekuatan spiritualnya masih kuat. Belanda yang feodal tidak mampu menguasai
Indonesia karena ada unsur tradisonalnya. Ujung tombak kapitalism ialah ICT,
pendidikan, Budaya, ekonomi,, social, politik,. Ujung tombaknya menguasai dunia
ialah itu semua. Maka dalam matematika ada pendekarnya juga yaitu helbertiniem,
formalism, absolutism. Jadi yang bikin kurikulum matematika ialah mereka yang
basicnya matematika murni yang punya
pendukung orang gede, modal gede, jadi bakalan menang. Sedangkan kita sebagai
orang kecil, dengan pendukung anak-anak tidak akan mampu menang.
Posting Komentar