dalam perkuliahan kita hari ini, tidak usah terlalu banyak mencatat. kita hanya perlu merekam dan berfikir. dan dalam perkuliahan ini tidak usah terlalu tegang, akan tetapi jangan juga terlalu nothing to lose yang sedang-sedang saja.jika terlalu tegang, rubahlah posisi duduk anda, supaya lebih rileks.
"senyumlah memandang dunia, maka dunia akan senyum kepadamu"

senin, jam 09.20 diruang 201 B kelas PM D mengantarkan mata kuliah matematika model bersama pak Ariyadi dan sudah saya buatkan silabusnya. intisari dari matematika model ialah hermeneutika. hermeneutika ialah diterjemahkan dan menerjemahkan yang berbentuk spiral, tidak hanya matematika saja tetapi diluar matematika juga yaitu filsafat. bisa dianggap matakuliah ini adalah kelanjutan dari matakuliah filsafat ilmu, kebetulan yang mengampu filsafat ilmu ialah pak Ariyadi.

karena ini merupakan filsafat lanjut, lebih lanjut dari filsafat ilmu.maka ini menjadi kuliah yang agak beda dengan kuliah yang lain. kalau filsafat ilmu dikenakan filsafatnya saja. sumber mempelajari filsafat ialah terserah kita yang penting tentang filsafat ilmu. filsafat itu dari mitos menuju logos.mitos itu percaya saja tanpa harus dipikirkan sedangkan logos percaya dan dipikirkan terlebih dahulu. hidup ini perlu mitos, jangan dikira mitos tidak bermanfaat. mitospun bermanfaat. anak kecil itu belajarnya pake mitos. jangan begini, jangan begitu, karena ini, karena itu.dan ibu sering kali mengajarkan pada anak dengan tidak boleh, kalau emang itu berbahaya bagi anak.

mata kuliah ini lebih pada hermeneutika daripada struktur ide atau struktrut gagasan. matematika yang kita pelajari yaitu struktur atau model. semua matematika punya struktur,maka didialam filsafat smua ide adalah struktur. jika kita belum percaya, maka kita akan memahmi filsafat terlebih dahulu. objek filsafat yaitu yang ada dan yang mungkin ada. perbedaan yang ada dan yang mungkin ada, yaitu kita berikan sebuah contoh. ketika kita hendak mengeluarkan sesuatu dari dalam tas, kita tidak bisa menebak apa yang ada didalamnya. oleh karena itu maka kedudukan barang tersebut dalam pikiran kita ialah yang mungkin ada. tolong rasakan dalam hati, pikiran dan jiwamu kalau perlu dalam arwahmu. ada tidak perbedaan dari ada dan sebelum ada dari objek yang akan kita tunjukkan. ketika telah ditunjukkan maka serta merta benda tersebut ada dalam pikiran kita. benda yang dipegang berupa sisir. kenapa kita bisa menyebut sisir? karena ucapan kita telah dikendalikan oleh pikiran dan menyampaikan bahwa itu sisir. itu lah bedanya yang ada dan yang mungkin ada.

sekarang kita hitung sudah ada berapa sesuatu dalam pikiran kita? kita tidak akan bisa menyebut apa yang ada dalam pikiran kita. walaupun kita menyebut tiap hari tidak akan selesai kita untuk menyebutnya. oleh karena itu dalam filsafat, belajar itu adalah mengadakan dari yang mungkin ada menjadi ada.
Apa ciri-ciri yang ada dalam pikiran kita yaitu bisa menyebutkan salah satu sifat yang akan kita pikirkan. Contohnya menyebutkan ciri-ciri sisir yang telah disebutkan tadi. Itulah yang menyebabkan Laboratorium filsafat murah meriah,karena kita hanya menyebutkan saalah satu dari sifat yang kita pikirkan dari mungkin ada dan akan menjadi ada.
Dalam hal ini Metode filsafat ialah hermeunitika, metode terjemah dan menerjemah. Contoh karena saya melihat anda, maka anda pun melihat saya. Itu yang dimaksud terjemah dan menerjemah.sedangkan Alat belajar filsafat ialah memakai bahasa analog, bahasa analog ialah tingkat rendahnya sama, tingkatan matematika itu identik. Bahasa seni perumpaan bahasa. Maksudnya analog tidak hanya perumpaman, tetapi ada perumpaman disitu. contoh ketika ku berbicara tentang pikiran identik dengan dunia,, ketika ku berbicara hati identik dengan spiritual.
Beliau mengajar kuliah selama 20 semester ini tidak akan selesai kalau engkau tidak memiliki daya. Karena sesungguhnya daya adalah pikiranmu sendiri. Dalam posisi mengajar filsafat ilmu, beliau tidak memberikan tapi hanya menunjukkan dan ada 2 sumber belajar untuk memahami apa yang pak marsifit tunjukkan yaitu powermathematics.blogspot.com. dan yang satu lagi nanti. kuliah ini diopersionalkan dan ada portofolio. Portofolio itu adalah kumpulan tulisan tulisan. Kumpulan tulisan ada dua macam yaitu online dan print out. Yang ounline ditayangkan dalam blog dan print out dibawa ketika kuliah. Kalau mengandalkan portopolio dan ujian hasilnya jelek karena anda belum mampu memahami pikiran saya. Dan solusi nya ialah anda diminta membaca artikel dalam blog saya yang berisi 600 artikel. Tanda anda sudah membaca, berilah komentar dikolom komen. Dengan seperti itu anda akan mendapatkan poin untuk menyelamatkan nilai anda. Kuliah online fungsinya membetulkan dan menambahkan materi filsafat dan menjadi landasan unutk kuliah matematika model. Syarat membaca ialah ikhlas dalam hati dan iklas dalm pikir. Ikhlas dalm pikir yaitu memahami. Ikhlas dalm hati yaitu bebas dari sedih, manipulatif. Penilainnya itu setiap saat saya bisa menilai anda, seberapa responsive anda membca artikel yang saya sampaikan.
Nilai baik dari pembaca komen yaitu dapat nilai A jika sesuai ketentuan dan lainnya menjadi pengurang. Contoh jarang masuk, tugas jarang ngumpul, ujian nilainya jelek. Tolong diputar baik baik dan didengarkan baik baik karena termasuk penilaian saya. Bisa dibilang Kuliah ini 80 persen online dan ketika ada artikel berbahasa inggris, saya Asumsikan tidak menjadi masalah.
Ketika perkuliahan setengah perjalanan Pak marsigit meminta mahasiswa untuk mengajukan pertanyaan,karena ketika kau masih bisa bertanya berarti kau masih didunia. Jika tidak didunia,berada akhirat, namanya engkau tinggal mempertanggungjawabkannya saja
1.       Lokana
Pertanyaan : darimana asalnya benda-benda pikiran yang ada dalam pikiran kita?
Jawab
Asalnya dari ruang dan waktu, kemudian apa yang dimaksud ruang dan waktu. Ruang itu ialah yang ada dan yang mungkin ada, artinya engkau tidak bisa memikirkan apa yang engkau belum ketahui dengan ruang konstektual. Ruang konstekstual yaitu yang ada ada dan yang mungkin ada ketika waktu berjalan. Maka pikiran manusia diperoleh dari dua macam yaitu dari logika dan pengalaman. Logika dan pengalaman akan menghasilkan yang ada dan yang mungkin ada.
2.       Siti nurhayati
Bagaimana caranya komen di blog bapak?
Jawab:
Kamu harus buat blog dulu, dari emailmu pribadi bukan palsu karena sebagai absen
Langkah kedua, cari website blogger.com. ikut langkah membuat blog.
Bisa saja komen tanpa membuat blog tapi nantinya ketika anda komen akan tertulis anomious bukan nama anda.
3.       Tika
Apakah filsafat mempengaruhi cara pikir?
Jawab:
Filsafat bisa didefiniskan berbagai macam, filsafat itu indah, filsafat itu sulit. Tiada seseorang benar-benar filsafat jika tanpa pikiran para filsuf. Dan filsafat itu diriku sendiri. Berbagai umat beragama bisa bersifat, karena filsafat merupakan olah pikir yang refleksif/ bercermin.dari cara pikir tersebu maka akan timbul pertanyaan mengapa. Karena itu akan membangun apa yang ada pikirkan dengan cara sabar, tawakal dan ikhlas.
4.       Jeanete
Apa isi dari blog kita?
jawab:
Blog anda isinya refleksi tiap minggu. Dan potofolio ialah tugas refleksi yang diketik, dipos diblog dan dibawa setiap makul
5.       Abdillah
Hubungan antara agama, tuhan dan filsafat?
Jawab:
-          Sehebat hebat saya melangkah melebihi seorang pendekar, saya tidak akan pernah mampu mengejar tulisan saya. Sehebat hebat tulisanmu itu engkau tak akan mampu menulis omonganmu.
-          Sehebat hebat saya punya kemampuan menulis, tidak akan mampu menulis perkataan saya sendiri.
-          Sehebat-hebat omongan saya, saya tidak mungkin mengomongkan yang saya pikir
Karena Pikiran manusia berdimensi yaitu parallel,  sedangkan omongan manusia seri. Sehingga tidak akan mungkin untuk dibarengkan. Sehingga omongan manusia itu terbatas, dengan keterbatasan itu maka manusia bisa hidup. Manusia sempurna dalam kesempurnaan dan tidak sempurna dalam kesempurnaan.kita harus mensyukuri pemberian tuhan, karena bisa memberikan nikmat kepada kita
-          Sehebat hebat pikiran saya, saya tidak akan bisa mengetahui relung hati saya
Karena hati itu tempat kita berdoa, hati itulah spiritual kita, apa daya pikiran kita mengetahui ciptaan tuhan. Agama berada pada diri masing-masing dan tidak cukup menggunakan pikiran.

Tetapkanlah hatimu sebagai komandanmu, sebelum engkau mengembarakan pikiranmu. Filsafat itu menyentuh spiritual. Batas dari pikiran yaitu hati. Filsafat itu sangat sensitive terhadap ruang dan waktu.


Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

Posting Komentar

 
Top